Apa saja manfaat Prenatal Exercise untuk Bumil ?

Penulis : Amyllia Saura, A.Md.Keb

Pada masa kehamilan tubuh akan mengalami berbagai perubahan, sering juga muncul keluhan-keluhan yang sebenarnya biasa dicegah jika tubuh seimbang dan siap menghadapi perubahan-perubahan tersebut.

Ibu hamil harus tetap aktif bergerak untuk menjaga kebugaran tubuh, Prenatal Exercise adalah salah satu pilihan yang dapat bunda pilih. Prenatal Exercise tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh selama masa kehamilan, melainkan juga  mempersiapkan tubuh dan mental bunda untuk menghadapi proses persalinan dan membantu memelihara kesehatan janin.

  1. Membantu tubuh untuk tetap Sehat dan Kuat

Di masa kehamilan, tubuh Bunda mengalami perubahan yang cukup drastis, baik secara fisik, hormonal maupun emosional. Berlatih prenatal yoga bisa membantu bunda untuk bisa beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan tubuh bunda. Selama 9 bulan, area tubuh bawah Bunda akan membawa beban yang lebih berat karena pertumbuhan bayi bunda. Banyak gerakan yoga yang akan membantu bunda tetap sehat dan kuat, dan di saat yang sama membantu bunda merasa rileks menjalani masa kehamilan. Meditasi yang merupakan bagian dari yoga sangat membantu untuk pengembangan sikap baik membantu mengatasi perubahan tubuh bunda selama kehamilan. Latihan relaksasi nafas membantu memberikan lebih banyak oksigen ke bayi di dalam rahim dan membantu untuk mengatasi stres dan masalah kesehatan lainnya selama kehamilan.

  1. Mempersiapkan Persalinan

Melahirkan dengan sadar, tenang dan minim trauma sangat penting untuk menyambut bayi dengan cinta, Yoga adalah hal terbaik yang dapat di lakukan selama kehamilan untuk bersiap-siap agar proses persalinan Bunda mudah, lancar dan tetap nyaman.

sehingga hal pertama yang direkam bayi pda saat lahir adalah hal-hal yang positif seperti rasa nyaman, tenang.

  1. Kelahiran Anak Alami

Berlatih yoga selama kehamilan meningkatkan kemungkinan melahirkan normal. Manfaat Yoga untuk melahirkan sangat banyak karena pose berlatih yoga selama kehamilan membantu otot menjadi lebih fleksibel dan lebih penting lagi ini akan membantu memperkuat otot kelahiran. Yoga mempersiapkan bunda untuk melahirkan normal karena mengajarkan bagaimana fokus, relaksasi, pernapasan menjadi satu.

  1. Menurunkan rasa Sakit Selama Melahirkan

Latihan pernapasan dilakukan selama yoga untuk memperkuat otot dan mempersiapkan tubuh untuk mengatasi nyeri persalinan. Menggunakan gym ball untuk yoga selama gelombang cinta sangat membantu untuk melepaskan tekanan yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Juga, nafas berirama yang diajarkan dalam yoga dapat membantu untuk beradaptasi dengan masing-masing gelombang cinta dan akan mengurangi rasa sakit

  1. Membantu mengoptimalkan posisi janin

Mengubah posisi bayi selama kehamilan adalah yang paling penting dari semua manfaat yoga. Yoga yang tepat dapat juga mengurangi tekanan pada punggung bawah. Manfaat yang paling banyak adalah gerakan yang menguntungkan bayi di dalam rahim. Jadi, jika posisi bayi salah sebelum persalinan, yoga pose dapat membantu membawa bayi ke dalam posisi yang benar menghindari SC atau penggunaan forsep.

  1. Penurunan Back Pain

Manfaat Yoga untuk sakit punggung sangat penting karena nyeri punggung bisa membawa masalah jangka panjang setelah melahirkan. Selama pelatihan yoga akan belajar banyak pose yang membantu melepaskan stres dan ketegangan pada punggung bawah.

  1. Memberi ruangan yang lebih untuk Bayi

Manfaat Yoga tidak hanya untuk ibu, tetapi juga untuk bayi. Bayi akan dapat tumbuh dan berkembang jika dalam ruang panggul yang luas dan cukup oksigen. Yoga mengajarkan bunda  posisi yang benar saat hamil untuk memberikan ruangan yang paling besar untuk bayi.Jika bayi memiliki sedikit ruang, kepalanya mungkin tidak berbalik di bawah sebelum persalinan atau dia dapat memilih posisi melintang, yang membutuhkan SC jika tidak diselesaikan sebelum kelahiran.

  1. Mengurangi Stres untuk Ibu

Yoga mengajarkan bunda bagaimana untuk mencapai relaksasi untuk melepaskan stres. Jika bekerja penuh waktu, mungkin perlu beberapa waktu untuk memperlambat dan kembali mendapatkan energi. Yoga membantu Bunda memutuskan lingkaran stres dan membuat bunda mampu untuk melakukan relaksasi.

  1. Memperkuat otot dasar panggul

Salah satu latihan otot dasar panggul adalah Latihan Kegel. Latihan kegel adalah suatu keharusan dalam persiapan untuk melahirkan.Latihan kegel bermanfaat untuk memperkuat kondisi otot panggul, memperkuat rahim dan rektum. Mereka secara signifikan dapat mempermudah proses persalinan serta mempercepat penyembuhan setelah melahirkan.

  1. Mengurangi Kram Kaki

Banyak wanita mengalami kram kaki, khususnya selama beberapa bulan terakhir kehamilan. Mereka dapat meredakan dengan melakukan latihan yoga teratur dan dengan mengkonsumsi lebih banyak kalsium dan suplemen magnesium.

  1. Sistem kekebalan yang lebih kuat

Diantara semua manfaat yoga, ini adalah yang paling penting karena sakit saat hamil mungkin memiliki resiko pada kesehatan janin. Yoga membantu hormon stres yang lebih rendah yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Sistem limfatik diperkuat dan racun dilepaskan selama latihan yoga. Dan akan terlihat bahwa penyakit jauh lebih sedikit ketika mulai berlatih yoga secara teratur.

Nah, semoga artikel diatas membantu Bunda dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan terbaik dengan lancar, nyaman dan yakin. Bagi Bunda yang memerlukan bantuan aplikasi kehamilan silahkan download aplikasi EmpatBulan di playstore juga kami menyediakan cemilan sehat Mealbun bisa diakses di olshop atau www.food.empatbulan.com

Sumber :

Muzawarah, Muzawarah (2018) Muzawarah NIM:S.15.1555 Pengaruh senam yoga pada ibu hamil dengan tingkat nyeri saat persalinan di bpm bidan Delima lasmitasari, s.st banjarbaru. KTI Akademi Kebidanan Sari Mulia

Hallosehat, 7 manfaat yoga untuk ibu hamil

 

 

Menu Utama