Apa kontrasepsi yang aman bagi Busui?

Penulis : Amayllia Saura, AMd.Keb

Penulis : Amayllia Saura, AMd.Keb

Setelah melahirkan bunda tetap memiliki peluang untuk langsung hamil lagi loh. Namun bunda tidak perlu khawatir ya, bunda biasa menunda kehamilan dengan kontrasepsi tanpa harus mengurangi produksi ASI. Berikut adalah kontrasepsi yang aman untuk busui.

  1. Pil Kb progestin / pil laktasi

Pil kb yang memiliki kandungan hormone progestin bisa menjadi salah satu pilihan kontrasepsi bagi ibu yang sedang memberikan ASI Esklusif, jenis kb ini memiliki efektifitas yang tinggi untuk mencegah kehamilan. Pil ini tidak mengandung pil plasebo atau bisa disebut juga pil kosong, sehingga setiap pil yang ibu konsumsi akan memiliki kandungan hormone yang aktif untuk mencegah kehamilan

Namun cara mengkonsumsinya yaitu harus pada jam yang sama setiap harinya, tidak boleh terlambat.

  1. Suntik Kb Progestin / Kb 3 bulan

Jenis kontrasepsi ini bisa digunakan saat 40 hari masa nifas dan penggunaannya bisa diulangi setiap 12 minggu.

Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut, suntik progestin kerap dikaitkan dengan penurunan kepadatan tulang jika digunakan dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu bunda tidak dianjurkan menggunakan Kb ini  lebih dari 2 tahun.

  1. Implant atau Kb susuk

Alat kontrasepsi ini digunakan dengan memasukan implant ke dalam lengan bagian atas. Di dalam implant ini, mengandung hormone progestin untuk jangka waktu 3 tahun. Kontrasepsi ini tidak berpengaruh untuk asi. Namun kontrasepsi ini bisa membuat siklus menstruasi bunda menjadi tidak teratur.

  1. IUD/Spiral

Kontrasepsi ini ada dua jenis, yaitu IUD hormonal dan IUD non-hormonal(IUD tembaga). Dari keduanya, IUD tembaga lebih banyak digunakan karena tidak berdampak pada ASI. Bahkan, tingkat efektivitasnya mencapai 99 persen. Kontrasepsi ini membantu ibu mencegah kehamilan dalam rentang waktu sampai 10 tahun dan bisa dengan mudah dilepas jika ibu memang ingin memiliki anak lagi. Dengan kontrasepsi non hormonal/IUD tembaga bunda biasa dengan mudah mengembalikan kesuburan setelah lepas kontrasepsi.

  1. MAL / Metode Amenore Laktasi

Dengan memberikan ASI Esklusif  bunda sudah biasa berKB loh.

Metode ini terbilang efektif, karena dilakukan dengan pemberian ASI eksklusif yang membantu mencegah terbentuknya hormon reproduksi, sehingga ibu tidak akan mengalami ovulasi. Namun, sebelum melakukannya, ibu perlu memastikan bahwa sedang tidak mengalami menstruasi, memberikan ASI eksklusif pada bayi tanpa interupsi makanan atau minuman lain, usia sang buah hati masih belum lebih dari 6 bulan dan bunda harus tetap konsultasikan metode ini dengan dokter atau bidan.

  1. Kondom

Alat kontrasepsi kondom selain untuk menunda kehamilan juga dapat menghindari bunda dan pasangan terhindar dari penyakit menular seksual. Meski efektifitasnya hanya 85 persen, lebih rendah dari kontrasepsi yang lain, namun kondom cukup baik digunakan saat bunda  menyusui sebab tidak akan mempengaruhi produksi ASI.

Pastikan  penggunaan kondom dengan tepat agar tidak terjadi kebocoran yang bisa meningkatkan peluang kehamilan.

Itulah  pilihan alat kontrasepsi untuk ibu menyusui yang aman digunakan. Bunda bisa mendiskusikan dengan suami sebelum memilih kontrasepsi apa yang akan digunakan. Jika bunda masih bingung mengenai efek samping, indikasi dan kontraindikasi dari alat-alat kontrasepsi bunda bisa konsultasikan dengan dokter atau bidan.

Nah, semoga artikel diatas membantu Bunda dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan terbaik dengan lancar, nyaman dan yakin. Bagi Bunda yang memerlukan bantuan aplikasi kehamilan silahkan download aplikasi EmpatBulan di playstore juga kami menyediakan cemilan sehat Mealbun bisa diakses di olshop atau www.food.empatbulan.com

Menu Utama