Periksa kehamilan secara rutin, apakah suatu keharusan?

Penulis : Diyah Tepi, MKeb.

Bunda, kehamilan adalah proses fisiologis tubuh yang banyak menyebabkan perubahan-perubahan dalam tubuh Bunda. Baik perubahan hormonal, fisik maupun lainnya. tentu saja perubahan-perubahan ini sangat penting untuk diketahui, di monitor dan di telaah dengan seksama agar tetap Bunda dan janin dalam keadaan sehat

Untuk memantau & Menjaga Kesehatan Ibu serta Tumbuh Kembang (tumbang) Janin nya, berikut beberapa tips yang Bunda bisa lakukan sehubungan dengan Pemeriksaan selama kehamilan

  • Segera periksakan diri bunda ke petugas kesehatan

Datang ke pelayanan kesehatan Terdekat atau yg sudah direncanakan

  • Ukur Tinggi Badan dan LILA (Lingkar lengan atas)

Bertujuan sebagai deteksi dini / skrining awal dalam resiko kehamilan seperti kemungkinan  potensial panggul sempit dan KEK (Kekurangan Energi Kronik(protein) kehamilan. Tinggi Badan aman >145 dan Lingkar Lengan Atas >23,5 cm.

  • Timbang BB

(Normalnya berat badan akan naik sesuai umur kandungan, pemantauan dan pemenuhan  nutrisi dalam kehamilan  terhadap pencegahan PJT (pertumbuhan janin terhambat)/ resiko BBLR (berat bayi lahir rendah)

  • Ukur TD dan Besarnya Kandungan

(Pemantauan tekanan darah untuk mencegah Hypertensi di Kehamilan dan Kemungkinan Bayi Besar sehingga dapat memengaruhi proses persalinan nya nanti)

  • Mintalah Imunisasi TT kepada petugas di Faskes Pratama

(Pemberian Imunisasi Tetanus Toksoid bertujuan untuk mencegah tetanus pada bayi)

  • Minum Tablet Zat Besi

(Mengkonsumsi Tablet Fe (Ferro Sulfat/ Zat Besi 1×60 mg/hari minimal selama 90 hari bertujuan mencegah anemia kehamilan dan resiko perdarahan pada persalinan)

  • Ikuti Kelas Ibu Hamil

(Kelas ibu hamil bertujuan sebagai bentuk pemberdayaan mandiri ibu dalam relaksasi, mempersiapkan jalan lahir selama kehamilan, dan menjaga/meningkatkan stamina/daya tahan ibu serta membantu mempersiapkan proses persalian yg aman dan nyaman)

Nah, semoga artikel diatas membantu Bunda dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan terbaik dengan lancar, nyaman dan yakin. Bagi Bunda yang memerlukan bantuan aplikasi kehamilan silahkan download aplikasi EmpatBulan di playstore juga kami menyediakan cemilan sehat Mealbun bisa diakses di olshop atau www.food.empatbulan.com

Sumber : Buku Kesehatan Ibu dan Anak, Kementerian Kesehatan RI

Menu Utama