BENTUK PERUT HAMIL MUDA SAAT TIDUR

bentuk perut hamil muda saat tidur

Saat sedang hamil wanita akan mengalami perubahan bentuk tubuh, salah satu perubahan yang paling terlihat tentunya adalah bentuk perut saat hamil.

Bagi sebagian wanita, bentuk perut sejatinya tidak banyak mengalami perubahan selama trimester pertama. Biasanya perut ibu hamil belum kelihatan membesar. Namun setelah itu, perut ibu hamil akan mengalami pertambahan setiap minggunya. Umumnya, perut mulai membesar pada akhir trimester pertama atau saat kehamilan memasuki bulan ke 3 atau 4. Bentuk perut pun berbeda-beda pada setiap wanita ada yang kecil, agak melebar, atau malah terlihat besar, tergantung dari postur tubuhnya masing-masing. Tahukah kamu bahwa perbedaan bentuk perut ibu hamil tersebut tidak dipengaruhi oleh posisi tidur. Sejauh ini, belum ada riset yang secara kurat.

Jadi, bunda  tak perlu cemas berlebihan mengenai bentuk perut ibu hamil muda saat tidur miring. Kemungkinan besar posisi tidur miring tidak berpengaruh signifikan.

ada 6 faktor yang memengaruhi bentuk perut ibu hamil. Apa saja faktornya?

1. Berat badan

Berat badan yang naik selama kehamilan ternyata dapat membuat perut ibu hamil lebih besar, lho. Ukuran yang besar bukan berarti janin dalam bahaya.

2. Jumlah bayi dalam kandungan

Bentuk perut hamil juga dipengaruhi oleh jumlah janin dalam kandungan. Ibu yang mengandung bayi kembar akan memiliki perut hamil yang besar.

 3. Postur tubuh

Ukuran perut tampak lebih besar bila postur tubuh hamil tidak terlalu tinggi. Kalau dari segi bentuk, perut akan cenderung melebar ke samping.

Untuk ibu yang berperawakan tinggi, umumnya perut akan menonjol ke depan seperti bentuk telur.

4. Cairan ketuban

Bisa jadi, bentuk perut hamil dipengaruhi oleh cairan ketuban. Tak jarang perut ibu hamil yang kecil dikaitkan dengan cairan ketuban yang kurang.

Selain itu, kondisi plasenta juga bisa memengaruhi bentuk perut ibu hamil.

5. Kekuatan otot perut

Jika kamu memiliki otot perut yang kencang, kemungkinan besar otot cukup kuat menopang perkembangan janin. Sehingga, perut ibu hamil tidak terlalu besar tapi tampak lonjong seperti telur.

6. Posisi dan ukuran bayi dalam kandungan

Selain jumlah bayi, bentuk perut melebar bisa disebabkan oleh posisi bayi yang melintang. Kemudian, ukuran janin juga memengaruhi bentuk perut ibu.

Baca Juga : Mengatasi Mual Muntah Pada Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Menu Utama