CARA MENGATASI MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL

mengatasi mual muntah

Mual muntah adalah tanda bahwa wanita sedang hamil namun hal ini tentunya menjadi hal yang tidak nyaman sehingga tidak heran jika bunda akan minum obat-obatan guna mengurangi rasa mual. Padahal dengan makanan yang bergizi, berbahan alami, perubahan cara makan dapat membantu mengurangi rasa mual. Berikut cara menghilangkan mual muntah

Jahe

Jahe menjadi salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatasi mual saat hamil. Bunda bias mengkonsumsi minuman atau wedang jahe dan juga makanan yang berbahan dasar jahe.

Aromaterapi

Aromaterapi menjadi salah satu cara untuk bisa membantu mengatasi mual saat hamil. Bunda bisa mencoba berbagai minyak esensial untuk membantu mengatasi mual saat hamil. Contoh Minyak lemon, minyak lavender, minyak peppermint bias bunda jadikan aromaterapi.

Istirahat yang cukup

Kelelahan menjadi salah satu faktor yang penyebab mual saat hamil. Oleh karena itu, bunda tidak boleh terlalu lelah ya. Usahakan untuk rileks dan banyak beristirahat saat hamil. Jangan terlalu memaksakan diri untuk terus beraktivitas.

Makan sedikit-sedikit tapi sering

Saat hamil tubuh butuh asupan makanan lebih dari biasanya. Pasalnya, nutrisi yang masuk ke tubuh terbagi dua untuk bund  dan bayi yang ada dalam kandungan.

Namun, bukan berarti dalam sekali makan bunda harus makan dalam porsi besar. Cara ini justru keliru karena makan berlebihan dalam satu waktu sehingga terlalu kenyang justru menjadi penyebab mual saat hamil. Cara yang benar, yaitu makanlah dalam porsi kecil tetapi sering. Dengan begitu, perut akan terus terisi dengan makanan tanpa terlalu kenyang hingga memicu mual.

Baca Juga : Mual Saat Hamil 

Sering makan camilan

Sering makan camilan saat hamil membantu menghindari perut yang terlalu kenyang atau terlalu kosong.  Oleh karena itu, makan camilan menjadi salah satu cara mengatasi mual saat hamil yang patut dicoba. Bunda biasa mengkonsusmsi Mealmond Gingger Cookies yang mengadung ekstrak jahe, kayu manis, dan bubuk cengkeh dapat mengurangi rasa mual dan muntah. Kandungan gandum, tepung almond dapat membuat bunda menjadi kenyang tahan lama dan tidak membuat asam lambung meningkat. Nutrisi terpenuhi mual muntah teratasi.

Minum banyak air

Minum banyak air menjadi salah satu hal yang tak boleh diabaikan. Pasalnya, mual dan muntah saat hamil menghilangkan banyak cairan tubuh. Oleh karena itu, cairan yang hilang ini perlu digantikan. Tak hanya air putih, bunda biasa minum air kelapa, jus buah, kuah sup, air jahe atau lemon.

Jika setiap kali makan bahkan minum selalu disertai muntah, frekuensi berkemih berkurang, dan jumlah urin sedikit, maka dengan indikasi hiperemisis gravidarum seperti itu ibu hamil perlu dirawat. Pada kasus yang lebih parah biasanya bunda bertambah lemas dan pucat . Kalau bunda tidak sehat maka akan membahayakan janin didalam kandungannya. Pastikan tetap berkomunikasi dengan dokter keperayaan bunda ya.

Tinggalkan Balasan

Menu Utama