TANDA TANDA WANITA HAMIL MUDA

tanda tanda wanita hamil muda

Telat menstruasi biasanya di curigai dengan adanya kehamilan, namun  tidak semua keterlambatan menstruasi menandakan hamil. Sering kali wanita tidak sadar bahwa dirinya telah hamil

Apa lagi minggu pertama kehamilan tidak selalu disertai tanda-tanda yamg signifikan, sehingga sering tidak disadari.
Siklus ovulasi biasanya terjadi pada hari ke 11 sampai ke 17 setelah HPHT dan akan menentukan tanggal pembuahan terhitung dari rata-rata siklus menstruasi wanita yaitu 28 hari. Selain tidak dapat menstruasi, gejala minggu pertama kehamilan sebenarnya mirip seperti gejala minggu pertama siklus menstruasi. Berikut ini adalah tanda kehamilan di minggu pertama.

Melansir dari American Pregnancy Association, tidak semua wanita menunjukkan tanda-tanda hamil yang sama. Ada yang mengalami mual dan muntah, pusing, kram perut dan lain sebagainya. Bahkan, wanita yang sudah pernah hamil mungkin saja mengalami tanda hamil yang berbeda di setiap kehamilannya.

Ini terjadi karena tubuh setiap wanita pasti berbeda, sehingga bagaimana mereka bereaksi terhadap perubahan pada tubuhnya juga akan berbeda.

Berikut beberapa tanda-tanda kehamilan muda:

1. Mual dan muntah

 Salah satu tanda-tanda hamil yang umum dirasakan adalah mual atau morning sickness.

Meski lebih sering terjadi pada pagi hari, mual dan muntah saat hamil juga bisa terjadi sepanjang hari saat pagi, siang, sore, atau malam.

Dilansir dari American Pregnancy Association (APA), lebih dari 50 persen wanita hamil mengalami morning sickness.

morning sickness umumnya terjadi di minggu pertama dan akan berangsur menghilang di trimester kedua.

2. Perut Kembung

Hampir serupa dengan tanda-tanda di awal siklus menstruasi, tanda kehamilan di minggu pertama juga menyebabkan kamu mengalami perut kembung.

Hal ini terjadi akibat adanya perubahan hormon yang membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat dalam menjalankan prosesnya sehingga memicu perut kembung. Biasanya, gejala kembung disertai dengan sembelit atau konstipasi.

Baca Juga : Bentuk Perut Hamil Muda Saat Tidur

3. Indra Penciuman lebih sensitive

Menurut studi terbitan jurnal Frontiers in Psychology, kepekaan hidung untuk mencium bau akan meningkat drastis selama masa kehamilan.

Saat mencium bau tertentu, sebagian ibu hamil muda dapat mengalami tanda-tanda hamil, seperti mudah merasa pusing, mual dan muntah, atau bahkan rusak suasana hatinya.

Padahal, mereka mungkin tidak merasa terganggu dengan aroma tersebut sebelum hamil.

Kondisi ini juga memengaruhi ibu hamil saat ngidam. Selera makan ibu hamil mungkin berubah karena mencium bau makanan tertentu.

4. Kram Perut Disertai Bercak Darah

Kram perut menjadi salah satu tanda kehamilan di minggu pertama. Kram perut biasanya akan disertai munculnya bercak darah. Hal ini bisa terjadi karena ada proses implantasi menempelnya embrio di dinding Rahim.

Bercak darah yang dikeluarkan oleh implantasi biasanya akan berjumlah yang lebih sedikit dari menstruasi, memiliki warna merah muda hingga kecoklatan. Segera periksakan kondisi kesehatan jika bercak darah dan kram perut yang dialami lebih dari 3 hari dan dirasa semakin memburuk.

5. Mood Swing

Ibu yang hamil muda rentan marah karena mood-nya menjadi tidak stabil dan mudah berubah-ubah.

Ciri-ciri hamil muda ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan ibu hamil gelisah dan mudah marah.

6. Perubahan payudara dan puting

Perubahan payudara atau puting termasuk tanda tidak pasti dari gejala hamil muda. Ini karena perubahan tersebut bisa menyerupai gejala yang biasa dialami menjelang menstruasi.

Munculnya ciri-ciri hamil ini karena peningkatan jumlah hormon progesteron serta estrogen.

Payudara ibu hamil umumnya akan terasa lebih kencang. Bahkan, dalam beberapa kasus, payudara terasa nyeri, sensitif, dan tidak nyaman.

Selain itu, warna putingnya juga memerah (area sekitar puting) berubah warna menjadi lebih hitam. Dan akan melihat garis-garis urat pada area di sekitar puting susu. Hormon kehamilan meningkatkan aliran darah menuju area tersebut demi mempersiapkan produksi ASI.

Tinggalkan Balasan

Menu Utama