Keluhan yang sering terjadi pada Busui (1)

Menyusui merupakan momen yang sangat berharga dan sangat istimewa bagi Bunda. Selain itu, menyusui berpengaruh baik terhadap kesehatan Bunda dan si Kecil. Namun, dalam prosesnya pasti Bunda akan mengalami beberapa kendala atau beberapa keluhan. Kira-kira apa saja ya keluhan Ibu Menyusui yang sering terjadi? Yuk, kita simak ulasan berikut ini.

• Pembengkakan Payudara

Rasa nyeri dan bengkak biasanya terjadi ketika pengeluaran ASI tidak seimbang dengan produksinya. Bisa jadi karena pola menyusui Bunda belum teratur atau pelekatan si Kecil yang belum sempurna, sehingga ASI yang diminumnya belum banyak.

Cara mengatasi:

Umumnya setelah proses pelekatan berjalan lancar dan jadwal menyusui Bunda sudah mulai rutin, lama-kelamaan pembengkakan akan berangsung menghilang. Biasanya akan terjadi dalam hitungan hari atau minggu setelah Bunda mulai menyusui secara teratur.

• Mastitis

Dikutip dari What to Expect, mastitis adalah radang jaringan pada payudara. Biasanya masalah ini terjadi ketika pasokan ASI tidak mengalir dengan lancar, terutama karena saluran susu yang tersumbat atau dari bakteri yang memasuki payudara Bunda.

Kuman dapat berasal dari kulit Bunda atau mulut bayi, yang kemudian masuk melalui celah di puting susu atau melalui saluran susu. Kuman-kuman ini kemudian menyebabkan infeksi, menimbulkan efek seperti radang yakni payudara teraba hangat, bengkak, dan nyeri luar biasa. Bunda pun mungkin akan mengalami gejala yang mirip seperti flu, termasuk demam tinggi, kelelahan, dan menggigil.

Cara mengatasi:

Sebisa mungkin ASI yang tersumbat harus dikeluarkan supaya tak terus-menerus bengkak, termasuk dengan pijat payudara. Jika Bunda sulit melakukannya sendiri, Bunda bisa segera meminta bantuan konselor laktasi.

Bunda mungkin juga akan diresepkan antibiotik, yang tentunya aman diminum sambil menyusui selama diberikan oleh dokter.

• Pelekatam Menyusui yang Kurang Sempurna

Terutama pada ibu dengan anak pertama, proses pelekatan saat awal menyusui biasanya akan terasa sangat sulit. Padahal ini penting guna meningkatkan produksi ASI dan memastikan bayi mendapat cukup asupan nutrisi.

Cara mengatasi:

Rutin berlatih dan jika perlu lakukan konsultasi dengan dokter laktasi atau bidan menjadi salah satu solusi utama untuk membantu mengatasi masalah pelekatan. Pelajari tentang posisi menyusui yang tepat, lalu tekan areola dengan ibu jari dan telunjuk Bunda. Pastikan si Kecil membuka mulutnya dengan lebar saat awal menyusui, sehingga mulutnya dapat menutupi puting dan sebagian areola payudara.

Dalam artikel selanjutnya akan dibahas keluhan lainnya ya bun, silahkan cek ulasannya ya.

Nah, semoga artikel diatas membantu Bunda dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan terbaik dengan lancar, nyaman dan yakin. Bagi Bunda yang memerlukan bantuan aplikasi kehamilan silahkan download aplikasi EmpatBulan di playstore juga kami menyediakan cemilan sehat Mealbun bisa diakses di olshop atau www.food.empatbulan.com

Tinggalkan Balasan

Menu Utama