Keluhan yang sering terjadi pada Busui (2)

Hai bunda,

Jika bunda sudah membaca artikel sebelumnya tentang keluhan yang sering terjadi pada busui

Berikut ini keluhan yang biasanya terjadi saat bunda mengASIhi, yuk simak ulasan berikut ini,

  • Produksi ASI Sedikit

Payudara akan menghasilkan ASI sesuai dengan kebutuhan atau permintaan, tetapi kadang hal ini tetap terasa sulit bagi sebagian ibu menyusui. Terutama jika Bunda harus memiliki cukup produksi ASI untuk disimpan, misalnya jika Bunda adalah ibu bekerja. Memastikan jumlah ASI yang disimpan di freezer pun menjadi penting.

Selain itu, kurangnya asupan ASI kadang juga membuat kenaikan berat badan bayi pada bulan-bulan pertama kehidupannya tidak signifikan. Frekuensi buang air kecil bayi pun relatif sedikit, yakni kurang dari 3-4 kali per harinya.

Cara mengatasi:

Produksi ASI biasanya akan meningkat jika asupan nutrisi Bunda juga tercukupi, jadi jangan lupa untuk selalu makan bergizi secara teratur, istirahat cukup, dan rutin minum air putih.

  • Putting Datar atau Terbalik

Flat or inverted nipples, alias puting datar atau terbalik adalah kondisi di mana puting Bunda tidak menonjol ke luar sehingga membuat bayi lebih sulit untuk bisa melakukan pelekatan yang benar saat menyusui. Efeknya, ia pun sulit kenyang dan produksi ASI Bunda juga bisa terhambat.

Cara mengatasi:

Jika diatasi dengan tepat, memiliki puting susu yang rata atau terbalik sebenarnya tidak memengaruhi kemampuan Bunda untuk memasok ASI. Bayi pun tetap bisa menyusu tanpa hambatan. Yang terpenting, cobalah untuk tetap berlatih dan rutin menyusui supaya Bunda bisa menemukan posisi pelekatan yang paling pas dan nyaman. Jika perlu, berikan tekanan pada areola saat menyusui supaya posisi pelekatannya pas.

  • Putting Lecet

Masalah lain yang bisa terjadi ketika pelekatan payudara saat menyusui kurang sempurna adalah puting lecet. Kulit pada puting akan tampak lecet, pecah-pecah, bahkan bisa juga sampai berdarah dan menimbulkan nyeri yang luar biasa. Terlebih jika sampai ada gejala seperti puting berwarna merah muda, ada sensasi terbakar atau tampak berkerak, mungkin juga terjadi infeksi jamur yang sering disebut sebagai thrush. Lecet pada puting juga umumnya disebabkan oleh pelekatan menyusui yang kurang tepat.

Cara mengatasi:

Periksa apakah posisi menyusui Bunda sudah benar dan bayi sudah melekat dengan benar pada areola serta puting saat menyusu. Jika mulai terasa lecet dan tidak nyaman, basuh payudara dengan air hangat setelah menyusui dan gunakan sedikit krim khusus payudara yang aman untuk ibu menyusui. Krim ini biasanya bernama nipple cream. Jika sampai terjadi infeksi jamur, lakukan konsultasi dengan dokter agar diberikan obat krim lain yang sesuai ya, Ma.

Itulah beragam keluhan ibu menyusui dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat untuk pada Bunda yang sedang mengASIhi si Kecil. Jangan lupa untyk konsumsi asupan nutrisi yang baik dan seimbang yaa, Semangat bunda!

Nah, semoga artikel diatas membantu Bunda dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan terbaik dengan lancar, nyaman dan yakin. Bagi Bunda yang memerlukan bantuan aplikasi kehamilan silahkan download aplikasi EmpatBulan di playstore juga kami menyediakan cemilan sehat Mealbun bisa diakses di olshop atau www.food.empatbulan.com

Tinggalkan Balasan

Menu Utama