Konsumsi Madu, Apakah Aman Untuk Bumil?

Madu dikenal dengan manfaatnya yang segudang, tak terkecuali bagi ibu hamil. Catat, ini berbagai manfaat madu untuk ibu hamil dan janin. Madu adalah bahan alami yang mempunyai segudang khasiat bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali ibu hamil. Manfaat madu untuk ibu hamil salah satunya dapat membantu meredakan mual dan muntah saat hamil (morning sickness).

Madu tersusun atas glukosa, fruktosa, dan juga air. Di samping itu, cairan yang berasal dari lebah ini juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, vitamin, protein, zat besi, kalsium, asam askorbat, asam pantotenat, niacin dan juga riboflavin.

Selain manfaat tersebut, masih ada beberapa manfaat madu untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Yuk, kita simak ulasan berikut ini.

  1. Meredakan Batuk secara Alami

Obat-obatan yang dapat dikonsumsi saat hamil sangat terbatas. Madu adalah salah satu obat alami yang bisa tetap Bunda konsumsi. Mengapa demikian?

Di dalam madu terdapat komponen antiperadangan dan antibakteri. Jika dikombinasikan dengan bahan alami, seperti jahe atau jeruk nipis, khasiat madu untuk ibu hamil semakin baik dirasakan.

  1. Meredakan Hidung Tersumbat

Madu dapat mengurangi hidung tersumbat, yang dapat sangat mengganggu saat hamil. Campurkan satu sendok makan madu dan tetesan jeruk nipis ke dalam air hangat atau kaldu untuk meredakan keluhan ini.

  1. Mengurangi Nyeri Tenggorokan

Madu juga diketahui memiliki komponen antinyeri sehingga dapat mengurangi sakit tenggorokan. Campurkan satu sendok makan madu dan beberapa tetes jeruk nipis ke dalam air hangat.Gunakan larutan ini sebagai obat kumur atau minuman untuk mengurangi nyeri tenggorokan.

  1. Mengurangi Keluhan Mual (Morning Sickness)

Manfaat madu untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk mengurangi keluhan mual. Mual dan muntah umum dirasakan pada trimester pertama kehamilan akibat perubahan hormonal. Campuran madu dengan air jeruk nipis atau cuka apel dapat membantu Bunda mengurangi rasa mual.

  1. Mengobati Iritasi Lambung

Pencernaan yang melambat akibat perubahan hormonal dan pembesaran rahim yang menekan usus dan lambung kerap membuat ibu hamil merasa begah. Tak jarang, lambung pun terasa perih, khususnya di trimester akhir kehamilan.Nah, satu sendok makan madu dengan segelas susu panas dapat mengurangi ketidaknyamanan ini.

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Antioksidan yang kaya dalam madu akan meningkatkan kesehatan tubuh ibu hamil sekaligus membantu perkembangan janin.

  1. Mencegah Pertambahan Berat Badan Saat Hamil Tidak Berlebihan

Karena alami, madu sangat tepat digunakan sebagai pemanis pengganti. Utamanya, bagi ibu hamil yang berat badannya sudah berlebih sebelum hamil.

  1. Madu sebagai Penambah Energi

Pada masa kehamilan, terutama bagi Bunda yang sudah memasuki trimester ketiga, tentu akan mudah merasa lelah. Minum madu bisa menjadi pilihan penambah energi yang alami dan aman bagi ibu hamil.

Selain karena madu mengandung kalori yang cukup, madu juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Tak hanya segelas susu hangat yang bisa membantu Bunda tertidur lelap. Minum madu dicampur air hangat saat hamil juga bisa meningkatkan kualitas tidur Bunda!

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Karena perubahan hormonal, tak jarang kulit ibu hamil sering kali kusam, berjerawat, kemerahan, hingga muncul bintik hitam. Bunda bisa memanfaatkan madu sebagai masker alami yang membantu menjaga kesehatan kulit.

  1. Mengatasi Keluhan Ketombe

Tak hanya keluhan kulit di wajah atau di tubuh, hormon kehamilan juga bisa menyebabkan keluhan gatal dan ketombe di kulit kepala. Bunda bisa memanfaatkan madu sebagai obat alami untuk membantu mengatasi keluhan ini. Cukup encerkan madu dengan air hangat, usap dan pijat lembut di kepala Bunda. Diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

Jadi, bolehkah ibu hamil minum madu? Jawabannya tentu boleh. Karena itu, Bunda tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya. Yuk, mulai konsumsi makan bergizi sehingga nutrisi harian Bunda dapat terpenuhi dengan optimal.

Nah, semoga artikel diatas membantu Bunda dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan terbaik dengan lancar, nyaman dan yakin. Bagi Bunda yang memerlukan bantuan aplikasi kehamilan silahkan download aplikasi EmpatBulan di playstore juga kami menyediakan cemilan sehat Mealbun bisa diakses di olshop atau www.food.empatbulan.com

Tinggalkan Balasan

Menu Utama