Makanan Laktogenik Solusi ASI Seret

Granokies Product Cover

Air susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi, terutama yang masih berada di bawah usia 6 bulan. ASI juga dijadikan sumber gizi utama bagi bayi yang belum bisa mengonsumsi makanan padat. Oleh karena itu, produksi ASI yang terlalu rendah atau sedikit bisa menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran tersendiri pada ibu. Busui tidak perlu khawatir bila ASI yang keluar hanya sedikit. Ada beragam jenis makanan untuk memperbanyak produksi ASI yang bisa dijumpai dengan mudah di sekitar kita.

Makanan untuk memperbanyak air susu ibu (ASI) disebut juga makanan laktogenik atau ASI Booster. Makanan laktogenik adalah jenis makanan yang mengandung galaktagog, yaitu senyawa pada tanaman yang dapat merangsang dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Senyawa ini diduga mampu meningkatkan kadar hormon prolaktatin, yakni hormon yang berperan penting dalam membantu wanita untuk menghasilkan ASI setelah melahirkan.

Berikut ini beberapa makanan laktogenik yang dapat meningkatkan produksi ASI Bunda.

  1. Oat

Oat mengandung estrogen tanaman yang dikaitkan dengan stimulasi kelenjar susu. Oat juga memiliki serat yang disebut Beta-glucan, yang dapat meningkatkan kadar prolaktin (hormon yang bertanggung jawab memproduksi ASI) dalam darah.

Oat juga kaya zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia, penyebab menurunnya pasokan ASI yang umum terjadi pada ibu baru.

  1. Almond

Kandungan omega-3 di dalam almond akan merangsang hormon ibu untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Jika ibu mengalami kesulitan dalam produksi ASI, coba lah untuk minum susu almond secara teratur, karena hal ini bisa meningkatkan produksi ASI.

  1. Kurma

Kurma diketahui mengandung senyawa sterol yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon-hormon pada ibu menyusui, seperti estrogen, progesteron, dan prolaktin. Hormon-hormon ini memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan kelenjar payudara dan juga produksi ASI.

Sari kurma pun merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk ibu menyusui dan bayinya. Nutrisi yang terkandung pada cairan ini antara lain karbohidrat, serat, vitamin B6, kalium, kalsium, magnesium, selenium, zat besi, dan tembaga.

Selain itu, sari kurma juga mengandung antioksidan, seperti senyawa fenol, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Itulah sebabnya, mengapa sari kurma cocok dikonsumsi oleh ibu menyusui.

  1. Flaxseed

Flaxseed merupakan sumber phytoestrogen. Phytoestrogen adalah nutrisi yang berasal dari tanaman serupa dengan hormon estrogen pada tubuh perempuan yang berperan dalam produksi ASI. Selain itu, flaxseed juga tinggi serat, dan asam lemak omega 3 seperti chia seed. Sama seperti oatmeal, dua biji-bijjian ini kerap ditemukan dalam ASI booster berbentuk cookies.

Namun jangan lupa ya Bunda tidak hanya kuantitas ASI, kualitas ASI juga perlu diperhatikan agar ASI yang kita berikan untuk si Kecil tetap berkualitas, sehingga si Kecil dapat terpenuhi asupan nutrisinya dan si Kecil bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Granokies Dates and Raisins hadir sebagai salah satu solusi untuk para busui yang tidak hanya ingin meningkatkan produksi ASI, tapi meningkatkan juga kualitas ASInya. Dibuat dari bahan-bahan alami LAKTOGENIK dan SUPERFOOD yang berkualitas sehingga dapat menjadi ASI booster untuk bunda dan dapat menjadi sumber asupan nutrisi untuk si Kecil.

Granola Cookies ini kaya akan serat, protein, Omega-3, dan zat besi karena terbuat dari oat, almond, biji rami atau flax seeds, kurma, raisins, dan biji labu. Nutrisi tersebut dapat meningkatkan kualias ASI ibu menyusui menjadi lebih kental sehingga bayi akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu madu dan minyak kelapa organic juga ditambahkan untuk menjaga sistem kekebalan pada bunda dan si Kecil.

Yuk tingkatkan kuantitas dan kualitas ASI dengan konsumsi Granokies Dates and Raisins!

Granokies Product Cover
Sumber Gambar : food.EmpatBulan.com

Nah, semoga artikel diatas membantu Bunda dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan terbaik dengan lancar, nyaman dan yakin. Bagi Bunda yang memerlukan bantuan aplikasi kehamilan silahkan download aplikasi EmpatBulan di playstore juga kami menyediakan cemilan sehat Mealbun bisa diakses di olshop atau www.food.empatbulan.com

Penulis : Qorima Diez | Head of Food | mealbun by EmpatBulan

Tinggalkan Balasan

Menu Utama