Nutrisi Ibu Hamil Pada Tiap Trimester

Masa kehamilan dibagi menjadi 3 bagian yakni, bulan ke 1 sampai ke 3 yang disebut dengan trimester pertama. Bulan selanjutnya, 4 hingga ke 6 menjadi trimester tengah atau kedua, kemudian trimester akhir yaitu bulan ke 7 sampai dengan kelahiran bayi Ibu. Pada setiap trimester mempunyai pertumbuhan janin yang berbeda, sehingga nutrisi bagi Ibu hamil yang dibutuhkan juga berbeda-beda.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1

Pada usia kehamilan trimester 1, penting bagi Ibu untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan agar janin dapat berkembang dengan baik. Asupan kalori bisa saja tidak lancar, karena adanya mual dan muntah yang dialami di trimester pertama, Ibu harus bisa mengalahkannya sehingga gangguan tersebut tidak dapat menghambat asupan nutrisi dan karbohidrat. Karbohidrat yang diperlukan sebesar 2000 kilo kalori. Sementara itu, kalsium juga mempunyai peranan dalam pembentukan tulang rangka janin, terutama saat minggu ke 7. Protein diperlukan dalam perkembangan janin pada trimester pertama, dalam membentuk sel otak.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester 2

Janin mempunyai kemampuan perkembangan yang bertambah pesat, sehingga Ibu perlu mengimbanginya dengan nutrisi Ibu hamil trimester ke 2. Pada perkembangan minggu ke 13 sampai ke 18, terjadi tumbuh kembang organ janin yang paling penting. Pada awal memasuki trimester kedua, asupan kalori masih perlu Ibu tingkatkan karena banyaknya organ janin yang akan tersusun. Jangan lupakan asupan zat besi dan juga vitamin C untuk mendukung jantung, dan sistem peredaran darah janin yang sedang berkembang di minggu ke 17.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester 3

Dalam mempersiapkan kelahiran bayi Ibu, maka yang harus dipersiapkan adalah energi yang mencukupi dalam kesiapan persalinan. Bagi Ibu yang memasuki trimester ini, Ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi trimester ke 3 untuk membantu pertumbuhan jaringan janin dan plasentanya. Ibu dapat meningkatkan asupan kalori dari sereal, kentang, mentega, telur, susu, alpukat, dan minyak nabati. Selain itu, vitamin yang dibutuhkan adalah B6 untuk membantu metabolisme dalam pembentukan senyawa kimia yang diantarkan pada sel saraf.

Nah, semoga artikel diatas membantu Bunda dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan terbaik dengan lancar, nyaman dan yakin. Bagi Bunda yang memerlukan bantuan aplikasi kehamilan silahkan download aplikasi EmpatBulan di playstore juga kami menyediakan cemilan sehat Mealbun bisa diakses di olshop atau www.food.empatbulan.com

Tinggalkan Balasan

Menu Utama