Penyebab ASI Seret

Perlu diperhatian nih Bun! Ini Dia Penyebab ASI Seret

Ada banyak hal yang menyebabkan pasokan ASI rendah atau ASI seret. Berikut ini hal-hal yang dapat menyebabkan atau berdampak pada ASI seret:

1. Memberi Bayi Pelengkap Susu Formula

Setiap botol (susu formula, jus, atau air) yang didapat bayi selain ASI seolah-olah mengirim sinyal pada tubuh Mama untuk menghasilkan susu yang jauh lebih sedikit sehingga menyebabkan ASI seret.

2. Pilihan Botol

Botol ASI memiliki jenis pengisap yang berbeda daripada menyusui, sehingga kadang lebih mudah bagi bayi menyusu dari botol.

3. Pelindung Puting

Ini bisa menjadi alat yang berguna dalam beberapa kasus, namun juga dapat mengurangi stimulasi pada puting susu atau mengganggu transfer ASI, yang dapat menyebabkan ASI seret.

4. Jarang Memberi ASI

Ini dapat mengganggu siklus produksi susu dan dapat menyebabkan ASI seret.
Payudara terus memproduksi ASI apabila payudara Mama nyaris kosong, dan sebaliknya produksi ASI menurun apabila payudara sudah “penuh”.

5. Bayi Mengantuk

Selama beberapa minggu pertama, beberapa bayi sangat mengantuk dan jarang menyusui dan itu pun berlangsung dalam waktu singkat.

6. Menghentikan Waktu Menyusui

Menghentikan waktu menyusui sebelum bayi berhenti sendiri dapat mengganggu siklus produksi ASI.

7. Hanya Menyusui pada Satu Payudara

Jika Mama mencoba meningkatkan persediaan ASI, biarkan bayi menyelesaikan satu payudara, lalu tawarkan yang lain.

Nah, semoga artikel diatas membantu Bunda dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan terbaik dengan lancar, nyaman dan yakin. Bagi Bunda yang memerlukan bantuan aplikasi kehamilan silahkan download aplikasi EmpatBulan di playstore juga kami menyediakan cemilan sehat Mealbun bisa diakses di olshop atau www.food.empatbulan.com

Tinggalkan Balasan

Menu Utama